Jumat, 23 September 2011

MENGENAL EFEK GITAR DELAY

Delay sendiri merupakan echo repetitive yang mengulang apa yang kita mainkan setelah beberapa waktu, dengan menyeting repetisi dan waktu yang diinginkan. Jadi delay itu sebenarnya echo atau gema yang juga bisa berarti suara yang dimainkan akan kembali setelah suara pertama terdengar, dan bisa sekali maupun beberapa kali. Penjelasan secara ilmiahnya adalah delay merupakan efek yang mengopi sinyal gitar asli dan memainkannya kembali. Sedangkan cara kerja digital delay adalah dengan menyampling sinyal analog yang masuk, dan mengubahnya menjadi bentuk digital setelah sinyal melewati prosesor yang mengolahnya.
Tanpa kehadiran delay, mungkin efek reverb dan flanger tidak akan pernah ada di dunia ini, karena hubungannya erat dengan delay. Sebagai tambahan, delay dengan 30 ms akan terdengar seperti reverb, delay dengan rentang 50-80 ms terdengar seperti room reverb, delay dengan rentang 90-140 ms akan menghasilkan slapback echo, dan delay dengan rentan 100- hingga lebih, akan terdengar lebih besar. Jadi semakin tinggi rate delay maka semakin baik pula echo yang dihasilkan, karena itulah pengguna delay banyak disukai para gitaris.

1 komentar:

  1. Salam kenal...izinkan saya berbagi link untuk yg ingin memperdalam permainan gitar secara lengkap dalam berbagai tehnik dan mengunduh pelajaran untuk pemula, blues, jazz dlm bhs Indonesia silahkan kunjungi www.gitarzoom.blogspot.com
    terimakasih

    BalasHapus