Minggu, 31 Oktober 2010


 PERPUSTAKAAN DIGITAL
GUNADARMA UNIVERSITY
Universitas Gunadarma yang pada bulan Juli 2010 dinobatkan sebagai Universitas swasta terbaik di Indonesia ( http://www.webometrics.info/ ), terus meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan untuk mewujudkan visi kampus yaitu "Universitas Gunadarma menjadi Universitas berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di Indonesia yang kontribusinya di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat diakui (recognized), baik di tingkat regional maupun internasional.

Dalam rangka memberikan pelayanan informasi kepada mahasiswa, dosen dalam melaksanakan tugas-tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, perpustakaan UG dilengkapi dengan beragam bahan pustaka yang terdiri dari buku literatur baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, majalah, jurnal ilmiah serta buku ilmu pengetahuan lainnya yang dapat juga diakses secara online. Fasilitas ini ditujukan kepada anggota Perpustakaan Universitas Gunadarma secara khusus dan kepada masyarakat pada umumnya. Perpustakaan UG untuk program profesional dan sarjana terletak beberapa lokasi kampus yaitu di kampus D - depok , kampus E - kelapa dua,kampus J - Kalimalang, Akademi Kebidanan serta perpustakaan program pasca sarjana terletak di kampus C - kenari . Sedangkan perpustakaan audio visual dan Jurnal Elektronik terdapat di kampus depok. Dan semua cabang perpustakaan universitas gunadarma menggunakan sistem informasi perpustakaan yang terintegrasi satu sama lain.

Menu-menu yang dapat Anda akses disini diantaranya adalah :
* Katalog Buku, Anda akan lebih mudah mengetahui status keberadaan buku yang ingin Anda cari berdasarkan Judul, Pengarang, Subjek, ISBN, Penerbit, maupun Nomor Induk.
* Penulisan PI / Skripsi, mencari koleksi penulisan karya ilmiah dan skripsi. Yang perlu Anda perhatikan, Perpustakaan Universitas Gunadarma tidak melayani pelayanan permintaan copy file dan copy cetak bahan pustaka PI, Skripsi, Thesis, Disertasi, dan Journal.
* Bebas Perpus, bagi mahasiswa yang telah membuat surat bebas peminjaman dapat melihat status pembuatan surat bebas peminjaman. Informasi ini dipersiapkan sebagai pengganti hard-copy surat bebas yang selama ini diterbitkan oleh Perpustakaan.
* Online Booking, booking buku secara online.
* Koleksi Digital, koleksi macam bentuk artikel versi digital.
* Aplikasi Web.
* Gallery, Profil Perpustakaan UG.

Fasilitas Perpustakaan Digital ini begitu memberikan kemudahan, karena bisa Anda akses dimana saja dan kapan saja Anda berada, namun Buku yang ingin Anda baca tidak bisa langsung Anda nikmati di sini. Sehingga untuk membukanya komputer Anda harus teristall dengan software-software yang mendukung file tersebut. Isi buku berbentuk file pdf, ms. word, dan lain-lain yang harus Anda download terlebih dahulu untuk membukanya
.

Kelebihan dari perpustakaan digital :
-          Mahasiswa dapat dengan mudah mencari buku yang diinginkan di perpustakaan.
-          Perpustakaan digital dapat membantu dalam pembuatan skripsi mahasiswa
-          Fasilitas Perpustakaan Digital ini begitu memberikan kemudahan, karena bisa Anda akses dimana saja dan kapan saja

Kekurangan dari perpustakaan digital :
-          Terkadang buku yang dicari tidak ada di perpustakaan
-          Buku yang ingin di cari terkadang sudah di pinjam orang terlebih dahulu
-          Terkadang file format pdf tidak bias dibuka jika didalam laptop jika tidak menginstal software
Untuk info lebih jelas tentang Perpustakaan digital dapat dilihat di situs http://library.gunadarma.ac.id/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar