Senin, 20 Desember 2010

MANAJEMEN BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI

Tidak semua orang bisa melanjutkan pendidikan sampai ke perguruan tinggi, kita yang bisa melanjutkan pendidikan sampai ke perguruan tinggi harusnya sangat bersyukur, begitu banyak orang yang ingin melanjutkan atau meneruskan pendidikan di perguruan tinggi tetapi tidak bisa. Jadi jangan sia-siakan kesempatan ketika bisa melanjutkan / meneruskan pendidikan hingga ke perguruan tinggi, untuk sukses semua itu kita harus bisa menyusun sistem belajar kita.
Sistem belajar di perguruan tinggi sangat beda dengan sistem belajar yang kita lewati sebelumnya seperti di SD, SMP, atau SMA, karena di perguruan tinggi ini kita dituntut untuk lebih bisa mandiri dalam belajar, tidak ada lagi tuntutan atau paksaan dari dosen, harus kesadaran dari diri sendiri. Setiap mahasiswa harus aktif kegiatan di dalam kampus tidak hanya sekedar datang dan pulang.
Materi yang diberikan dari dosen biasanya hanya sedikit, itu bukan berarti materi selesai, tetapi kita dituntut untuk mencari materi lebih jelasnya sendiri, karena itu kita harus menyiapkan materi sendiri atau memahami materi terlebih dahulu sebelum dosen menjelaskan agar saat dosen menjelaskan kita tidak akan kebingungan, karena biasanya dosen menjelaskannya singkat.
jam masuk kuliahpun sedikit bebas, tetapi kita tidak boleh tidak masuk karena absensi sangat penting karena jika kita tidak mengikuti kuliah (bolos kuliah), kita akan ketinggalan materi yang disampaikan oleh dosen, selain itu absensi juga berpengaruh terhadap nilai kita, karena absensi dapat menambah nilai kita jika kita sering masuk.
jadi, belajarlah dengan sungguh-sungguh, jangan mengecewakan orang tua yang telah membiayai kuliah kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar