Pertanyaan :
1. Jelaskan pengertian manajemen !
2. Sebutkan dan jelaskan fungsi - fungsi manajemen !
3. Sebutkan keterampilan - keterampilan menejerial yang ada !
4. Sebutkan dan jelaskan bentuk - bentuk Organisasi !
5. Sebutkan dan jelaskan konsep - konsep inti pemasaran
6. Sebutkan dan jelaskan konsep - konsep manajemen pemasaran, menurut philipp kotter !
7. Jelaskan pengertian pemasaran !
8. Sebutkan dan jelaskan tujuan sistem pemasaran
Jawab :
1. Suatu proses yang melibatkan kegiatan : perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian untuk dicapai tujuan yang telah ditetapkan, melalui pemanfaatan SDM dan Sumber Daya lainnya.
2. - Perencanaan : fungsi yang utaman dan terpenting, di pakai agar sasaran dan tujuan dapat tercapai di masa yang akan datang.
- Pengorganisasian : fungsi managemen yang kegiatannya membagi pekerjaan, mengelompokkan pekerjaan, mendelegasikan wewenang dan mengkordinasikan aktivutas.
- Pengarahan : kegiatan untuk mengarahkan agar semua anggota organisasi melaksanakan kegiatannya masing - masing yang telah di tentukan.
- Pengendalian : aktivitas untuk menemukan, mengoreksi, apakah ada penyimpangan - penyimpangan dari hasil yang telah dicapai, dibandingkan dengan rencana yang telah ditetapkan.
3. - Keterampilan konseptual
- Keterampilan kemanusiaan
- Keterampilan administrasi
- Keterampilan teknik
4. - Organisasi garis : bentuk organisasi dimana terdapat garis kekuasaan dan tanggung jawab dari teratas sampai dengan paling bawah.
- Organisasi garis dan staf : bentuk organisasi yang banyak dipakai oleh perusahaan besar, daerah usahanya luas dan kompleks.
- Organisasi fungsional : bentuk organisasi yang tebagi berbagai bidang sesuai fungsi, seperti : pemasaran, produksi, personalia dan keuangan, wewenang dan tanggung jawab merekat terhadap proses atau fungsi masing -masing.
- Organisasi matrix : bentuk organisasi dimana perusahaan biasanya mengerjakan dua pekerjaan, yaitupekerjaan dasar dan pekerjaan - pekerjaan tertentu.
- Organisasi komite : kelompok formal yang menggantikan para manager di dalam struktur organisasi.
5. - Kebutuhan : konsep paling pokok, yang melandasi pemasaran, kebutuhan adalah segala sesuatu keadaan perasaan yang harus dipenuhi kalau tidak akan menderita (mati) seperti : makanan, minun, pakaian.
- Keinginan : kebutuhan yang dibentuk oleh budaya, sikap pribadi seseorang. Misal : orang indonesia makan nasi.
- Permintaan : kebutuhan / keinginan manusia yang didukung daya beli.
- Produk : alat pemuas kebutuhan, keinginan, dan permintaan.
- Pertukaran : kegiatan untuk mendapatkan barang dan jasa yang diinginkan dari pihak lain dengan memberikan sesuatu sebagai gantinya.
- Transaksi : bentuk pertukaran yang lebih luas, ada nilai -nilai, syarat - syarat, kesepakatan, waktu dan tempat kesempatan .
- Pasar : kumpulan pembeli nyata ataupun pembeli potensial.
6. - Konsep produksi : konsumen akan menyukai produk - produk yang murah, jumlah / variasi banyak dan mudah dijangkau.
- Konsep produk : konsumen akan senang produk yang mutu, penampilan baik dibanding produk lain.
- Konsep penjualan : konsumen tidak membeli produk, karena tidak ada manfaatnya.
- Konsep pemasaran : untuk mencapai sukses, maka melakukan kegiatan - kegiatan yang lebih baik dibandingkan pesaing - pesaing.
- Konsep pemasaran kemasyarakatan : tujuan pemasaran memuaskan kebutuhan, keinginan dan permintaan saja tapi yang lebih penting bagaimana bisa meningkatkan kesejahteraan konsumen masyarakat.
7. Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
8. - Memaksimalkan konsumsi
- Memaksimalkan kepuasan konsumen
- Memaksimalkan pilihan, artinya: tersediannya aneka, produk, jumlah, variasi, harga mutu sekarang banyak pilihan
- Memaksimalkan kualitas hidup, banyak barang / jasa yang bermutu tinggi yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar