Minggu, 19 Desember 2010

TUGAS PERTEMUAN KE 4

Pertanyaan :
1. Jelaskan pengertian manajemen !
2. Sebutkan dan jelaskan fungsi - fungsi manajemen !
3. Sebutkan keterampilan - keterampilan menejerial yang ada !
4. Sebutkan dan jelaskan bentuk - bentuk Organisasi !
5. Sebutkan dan jelaskan konsep - konsep inti pemasaran
6. Sebutkan dan jelaskan konsep - konsep manajemen pemasaran, menurut philipp kotter !
7. Jelaskan pengertian pemasaran !
8. Sebutkan dan jelaskan tujuan sistem pemasaran

Jawab :
1. Suatu proses yang melibatkan kegiatan : perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian untuk dicapai tujuan yang telah ditetapkan, melalui pemanfaatan SDM dan Sumber Daya lainnya.
2. - Perencanaan : fungsi yang utaman dan terpenting, di pakai agar sasaran dan tujuan dapat tercapai di masa yang akan datang.
    - Pengorganisasian : fungsi managemen yang kegiatannya membagi pekerjaan, mengelompokkan pekerjaan, mendelegasikan wewenang dan mengkordinasikan aktivutas.
    - Pengarahan : kegiatan untuk mengarahkan agar semua anggota organisasi melaksanakan kegiatannya masing - masing yang telah di tentukan.
    - Pengendalian : aktivitas untuk menemukan, mengoreksi, apakah ada penyimpangan - penyimpangan dari hasil yang telah dicapai, dibandingkan dengan rencana yang telah ditetapkan.
3. - Keterampilan konseptual
    - Keterampilan kemanusiaan
    - Keterampilan administrasi
    - Keterampilan teknik
4. - Organisasi garis : bentuk organisasi dimana terdapat garis kekuasaan dan tanggung jawab dari teratas sampai dengan paling bawah.
    - Organisasi garis dan staf : bentuk organisasi yang banyak dipakai oleh perusahaan besar, daerah usahanya luas dan kompleks.
    - Organisasi fungsional : bentuk organisasi yang tebagi berbagai bidang sesuai fungsi, seperti : pemasaran, produksi, personalia dan keuangan, wewenang dan tanggung jawab merekat terhadap proses atau fungsi masing -masing.
    - Organisasi matrix : bentuk organisasi dimana perusahaan biasanya mengerjakan dua pekerjaan, yaitupekerjaan dasar dan pekerjaan - pekerjaan tertentu.
    - Organisasi komite : kelompok formal yang menggantikan para manager di dalam struktur organisasi.
5. - Kebutuhan :  konsep paling pokok, yang melandasi pemasaran, kebutuhan adalah segala sesuatu keadaan perasaan yang harus dipenuhi kalau tidak akan menderita (mati) seperti : makanan, minun, pakaian.
    - Keinginan : kebutuhan yang dibentuk oleh budaya, sikap pribadi seseorang. Misal : orang indonesia makan nasi.
    - Permintaan : kebutuhan / keinginan manusia yang didukung daya beli.
    - Produk : alat pemuas kebutuhan, keinginan, dan permintaan.
    - Pertukaran : kegiatan untuk mendapatkan barang dan jasa yang diinginkan dari pihak lain dengan memberikan sesuatu sebagai gantinya.
    - Transaksi : bentuk pertukaran yang lebih luas, ada nilai -nilai, syarat - syarat, kesepakatan, waktu dan tempat kesempatan .
    - Pasar : kumpulan pembeli nyata ataupun pembeli potensial.
6. - Konsep produksi : konsumen akan menyukai produk - produk yang murah, jumlah / variasi banyak dan mudah dijangkau.
    - Konsep produk : konsumen akan senang produk yang mutu, penampilan baik dibanding produk lain.
    - Konsep penjualan : konsumen tidak membeli produk, karena tidak ada manfaatnya.
    - Konsep pemasaran : untuk mencapai sukses, maka melakukan kegiatan - kegiatan yang lebih baik dibandingkan pesaing - pesaing.
    - Konsep pemasaran kemasyarakatan : tujuan pemasaran memuaskan kebutuhan, keinginan dan permintaan saja tapi yang lebih penting bagaimana bisa meningkatkan kesejahteraan konsumen masyarakat.
7. Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
8. - Memaksimalkan konsumsi
    - Memaksimalkan kepuasan konsumen
    - Memaksimalkan pilihan, artinya: tersediannya aneka, produk, jumlah, variasi, harga mutu sekarang banyak pilihan
    - Memaksimalkan kualitas hidup, banyak barang / jasa yang bermutu tinggi yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar