Kamis, 10 November 2011

Efek Stompbox Untuk Akustik Yang Natural

Berurusan dengan gitar akustik yang ingin diberi daya penambah suara elektrik tanpa harus kehilangan karakter suara naturalnya adalah masalah yang selalu menghantui gitaris selama bertahun-tahun. Tadinya, satu-satunya solusi adalah penggunaan todongan mikrofon. Tapi untuk penampilan panggung, cara ini belum ideal. Selain masih selalu menimbulkan efek feedback yang mengganggu, pengoperasiannya juga kurang efesien. Sementara mik yang berkualitas bagus biasanya terlalu berisiko diboyong ke panggung. Cara lain adalah dengan penyematan pickup akustik. Namun sekali lagi, efek suara yang dihasilkan masih berbau 'elektrik'. Kemurnian akustiknya berkurang.
Tapi kini, ada produk baru dari Fishman Transducers Inc., bernama Aura Acoustic Imaging Blender (AAIB) yang tampaknya bisa meminimalis problem tadi. Fishman sendiri adalah sebuah pabrikan yang sejak dahulu mengarahkan kosentrasinya pada penyempurnaan karakter akustik yang di-amplified.
Prinsip kerja alat berbentuk stompbox ini secara sederhana adalah mengatur, mengontrol dan sekaligus mengolah proses 'penangkapan' karakter suara sebuah gitar akustik oleh mik kondensor dengan tingkat kepekaan tinggi. Pengolahan itu termasuk sistem penempatan mik serta room ambience-nya.
Pihak Fishman merilis enam macam AAIB yang disesuaikan spesifikasi gitar akustik, yakni untuk jenis dreadnought, jumbo, orchestra, concert, nylon dan akustik 12 senar. Lebih jauh dengan AAIB, telusuri di Fishman.com

referensi : gitarplus magazine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar