Rabu, 16 November 2011

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia (SDM) atau human resources merupakan sumber daya yang sangat penting dan menentukan jalannya suatu oraganisasi. Untuk itu perlu dilakukan manajemen SDM, yang pada dasarnya menyangkut: pengadaan pekerja, pemeliharaan pekerja dan pengembangan pekerja. Adanya manajemen SDM diharapkan dapat meningkatkan prestasi kerja dan produktivitas kerja, keadaan ini akan dapat dipertahankan apabila diimbangi adanya sistem ganjaran (reward system). Untuk memperoleh SDM yang berkualitas, organisasi perlu senantiasa melakukan pengembangan pekerjanya melalui pendidikan dan pelatihan, baik yang berupa off the job side maupun on the job side.
  • Manajemen Sumber Daya Manusia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasa kegiata-kegiatan, pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pelepasan sumber daya manusia agar tercapai berbagai tujuan individu, organisasi, dan masyarakat. (Flipo, 1989)
  • Manajemen Sumber Daya Manusia adalah sebagai penarikan, seleksi, pengembangan, penggunan dan pemeligaraan sumber daya manusia oleh organisasi. (French dalam Soekidjo, 1991)
Dari pengertian tersebut dapat dikatan bahwa manajemen sumber daya manusia merupakan proses pendayagunaan manusia atau pegawai yang mencakup, penerimaan, penggunaan, pengembangan dan pemeliharaan sumber daya manusia yang ada.
Konsep tentang SDM:
1. Pekerja dianggap sebagai barang dagangan
2. pekerja dianggap sebagai SDM
3. Pekerja dianggap sebagai mesin
4. Pekerja dianggap sebagai manusia
5. Pekerja dianggap sebagai partner
Proses manajemen SDM:
1. Pengadaan Sumber Daya Manusia
2. Pemeliharaan Sumber Daya Manusia
3. Pengembangan Sumber Daya Manusia

Beberapa metode pelatihan:
1. Metode di luar pekerjaan (off the job side)
     a. Teknis presentasi
     b. teknik simulasi
2. Metode didalam pekerjaan (on the job side)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar