Selasa, 15 November 2011

Rahasianya Suka Musik

Makin banyak band, makin banyak juga jenis musiknya. Sekedar ngikut tren sama sekali ga jaminan sukses. Perlu kunci khusus biar enak dan menang bersaing.
1. Modal dasar
Pertama, yang pastinya mesti ada adalah band atau solois, karena merekalah yang bakal bawain lagu-lagu ciptaan mereka sendiri atau mungkin lagu ciptaan orang lain. Nah, khusus berapa jumlah lagunya, orang bebas memilih, mau bikin sau saja lagu yang bagus atau dua, bahkan tiga, terserah maunya meraka. Tapi kalo buat saya semua lagu di dalam satu album, semuanya mesti bagus. Tiap lagu itu dibuat dengan sungguh-sungguh. Jadi berpikiran mau bikin satu album, bukan mau bikin single, karena album itu merupakan satu rangkaian cerita.
Kemudian produser. Pengertian produser inisebenernya luas banget. karna dia lah yang menentukan corak musiknya kaya apa dan bagaimana.
2. Maksimal
Pengerjaan alabum sendiri sebenernya bisa dihitung waktunya, biarpun masih tergantung sama tingkat kesulitannya masing-masing. tapi biasanya 3 hari, satu lagu bisa kelar semua, mulai dari musik dasarnya sampe take vokal. Atau paling lambar 5 hari. Jadi kalo satu album isinya 10 lagu, tinggal dikaliin aja yang paling lama 10 kali 5 hari atau dirata-rata 10 kali 3 hari. Jadi kira-kira sebulan lebih dikit buat melakukan perbaikan di sana-sini.
Peralatan studio yang dipake buat rekaman pun, saat ini biasanya memenuhi standar. Paling nggak meraka pake Nuendo atau Protools. Di studio biasanya juga udah ada operatornya. Tapi kalo kita pengen pake sound enginer sendiri, ya boleh boleh aja. Sementara soal kualitas rekaman kurang bagus sebenarnya masih bisa dibenerin dan dimaksimalkan lagi. Selama masih ada datany, asal jangan 2 trak ya, masih bisa dibenerin lagi saat mixing, supaya hasilnya lebih bagus.
3. Musik Asik
Di luar teknis rekaman yang sudah makin mudah ini, dari ssi bisnis, menurut saya emang udah saatnya banya punya seorang manajer, karena masalah yang berhubungan sama jadwa; manggung dan segala macamnya, gak mungkin lagi dibebankan sama musisi. Musisi tinggal main aja, mereka cuam perlu mikir gimana main bagus dan tampul menarik.
Begitu juga dengan bandnya sendiri pesan saya jangan mainin musik yang kmau nggak suka, maksudnya jangan main musik karna permintaan orang lain taou bermainlah musik yang kamu suka. Begitu juga dengan formasi band. Buat band  yang udah besar, ganti-ganti pemain nggak terlalu jadi masalah, karena mereka udah punya ciri khas musik merka sendiri. Artinya kalopun mesti ganti personel, si pemain baru tinggal menyesuaikan tapi kalo band yang masih belom jadi ganti-ganti pemain ya malah bikin banya nga perna punya musik mereka sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar