Sabtu, 12 November 2011

Tips Menghadapi Ujian Nasional

Ujian Nasional sangat menentukan kelanjutan masa depan pendidikan kita. Karena ujian ini memberikan dasar evaluasi dan penilaian untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Diperlukan banyak eaktu dan persiapan dalam menghadapi ujian yang satu ini, mulai dari persiapan belajar dan latihan membahas materi yang diprediksi bakal diujikan, persiapan mental juga kesehatan. Selanjutnya, dalam menghadapi ujian diperlukan persiapan khusus untuk menentukan kesiapan dalam mengerjakan semua soal yang ada. berikut ini tips yang dapat membantu kesiapan dalam mengikuti ujian nasional.
  • Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal
Bawalah semua alat tulis yang akan kamu butuhkan, seperti pensil, pulpen, kalkulator, penghapus dll. Perlengkapan ini akan membantu untuk tetap konsen selama mengerjakan ujian
  • Tenang dan percaya diri
Ingatkan dirimu bahwa kamu siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik
  • Bersantailah tapi waspada
Pastikan kamu mendapatkan tempat yang cukup untuk mengerjakannya. Pertahankan posisi duduk tegak
  • Preview soal-soal ujianmu dulu
Luangkan 10% dari keseluruhan waktu unjian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing- masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit.
  • Jawab soal-soal ujian secara strategis
mulai dengan menjawab pertanyaan mudah yang kamu ketahui, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tinggi.
  • Ketika mengerjakan soal-soal pilihan ganda, ketahuilah jawaban yang harus dipilih
Mula-mulai, abaikan jawaban yang kamu tahu salah. Tebaklah selalu suatu jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai, atau ketika tidak ada pilihan jawaban yang dapat kamu abaikan. jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika kamu tidak mengetahui secara pasti dan ketika hukuman pengeurangan nilai digunakan.
  • Sisakan waktu 10% untuk memeriksa ulang jawaban mu
Periksa jawabanmu, hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah kamu menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa kamu telah menyelesaikan semua soal.
  • Analisa hasil ujianmu
Setiap ujian dapat membantu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya. Putuskan strategi mana yang sesuai dengan mu. Tentukan strategi mana yang tidak berhasil dan ubahlah.

Nah itu tadi tips yang dapat saya berikan, semoga dapat membantu
Good Luck :)

1 komentar: