Rabu, 16 November 2011

Bidang Akuntansi

1. Akuntansi Keuagan
Akuntansi keuangan adalah bagian dari akuntansi mengkhususkan dalam proses pencatatan transaksi hingga penyajiannya dalam benruk laporan keuangan. Akuntansi Keuagan bermanfaat bagi pihak eksternal perusahaan, misalnya bank, pemerintah, pemegang saham, dan pihak-pihak berkepentingan lainnya. Dlama pencatatan berbagai transaksi keuangan perusahaan, aluntansi keuangan harus mengacu kepada prinsip-prinsip yang dinyatakan dalam standar akuntansi keuangan. Mengenai standar akuntansi keuangan ini akan kita bahas pada bagian berikutnya.
2. Auditing
Bidang akuntansi yang mengkhususkan pada pemeriksaan catatan-catatan akuntansi secara independen disebut auditing. Pelaksananya disebut auditor, yang bekerja secara bebas tanpa dipengaruhi kepentingan pihak-pihak tertentu. Auditor akan memeriksa apakah pencatatan transaksi telah sesuai dengan prinsip-prinsip atau standar akuntansi keuangan yang berlaku.
Auditor juga memeriksa apakah setiap transaksi didukung oleh bukti-bukti. Dalam melakukan pekerjaannya, auditor mengacu pada standar auditing yang berlaku umum.
3. Akuntansi Biaya
Akuntansi biaya berhubungan dengan perencananaan, penetapan, dan pengendalian biaya produksi. Karena objeknya adalah biaya produksi, maka akuntansi biaya lazim digunakan oleh perusahaan yang kegiatan utamanya memproduksi bahan mentah menjadi barang jadi (manufaktur)
4. Akuntansi manajemen
Akuntansi manajemen adalah bidang akuntansi yang mengkhususkan pada pengembangan dan penafsiran informasi akuntansi untuk membantu manajemen berhubungan dengan berbagai maslah khusus yang dihadapi manajemen, yang pemecahannya membuthkan beberapa alternatif. Akuntansi manajemen juga terlibat dakam penyusunan rencana pembelanjaan (anggaran) pada masa yang akan datang.
5. Akuntansi Anggaran
Akuntansi anggaran berhubungan dengan pentusunan rencana pengeluaran perusahaan dan membandingkannya dengan pengeluaran aktual. Akuntansi anggaran merupakan bagian dari akuntansi manajemen.
6. Akuntansi Perpajakan
Akuntansi perpajakan mengkhususkan kegiatan dalam pentiapan data yang diperlukan untuk perhitungan pajak. Tujuannya adlah agar pajak yang dibayar perusahaan sesuai dengan peraturan pemerintah. Baguan akuntansi suatu perusahaan harus mengerti prosedur dan undang-undag perpajakan serta bagaimana hubungan antara suatu transaksi dengan tarif pajak.
7. Sistem akuntansi
Sistem akuntansi adalah bidang akuntansi yang mengkhususkan dalam perencanaan dan pelaksanaan prosedur pengumpulan, serta pelaporan data keuangan. Akuntansi, dalam hal ini harus menciptakan suatu cara sedemikian rupa sehingga mempermudah pengendalian internal dan mencuptakan arus laporan yang tepat untuk kepentingan manajemen.
8. Akuntansi Pemerintahan
Akuntansi pemerintahaan menkhususkan dalam penyajian la[oran transaksi yang dilakukan oleh pemerintah, Akuntansi ini melaporkan dan menjelaskan, melalui data akuntansi, berbgai asprk dari pengelolaan administrasi keuangan negara dan melakukan pengendalian atas pengeluaran uang negara.
9. Akuntansi Pendidikan
Akuntansi pendidikan berhubungan denga kegiatan pengajaran dan pengembangan pendidikan akuntansi. Sekolah menengah atas (SMA) dan madrasah aliyah (MA) merupakan cintih lembaga menyelanggarakan akuntansi pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar