Rabu, 16 November 2011

Jurnal

Pengertian Jurnal
Jurnal merupakan media dalam proses akuntansi yang menjadi dasar bagi penentuan ke akun mana suatu transaksi dicatat, berapa jumlah uang yang dicatat, disisi mana dicatat, dan keterangan singkat tentang transaksi. Jadi, jurnal dapat diartikan sebagai media pencatatan sistematis yang menjadi sumber atau dasar untuk pencatatan ke dalam akun.
Fungsi Jurnal
Terdapat beberapa fungsi jurnal sebagaimana akan diuraikan di bawah ini:
a. Fungsi Pencatatan
Jurnal menentukan ke akun mana dan dengan jumlah aberapa suatu transaksi dicatat.
b. Fungsi Historis
Jurnal dicatat dengan mendahulukan transaksi yang lebih dulu dilakukan sesuai dengan urutan waktu terjadinya. Misalnya, transaksi tanggal 5 januari lebih dahulu dicatat dari tanggal 10 Januari. Dengan mencatat transaksi yang terjadi lebih dahulu, berarti jurnal melakukan fungsi historis.
c. Fungsi Analisis
Untuk menentukan nama akun, jumlah uang yang dicatat, dan di sisi mana (debet atau kredit) pencatatan dilakuakan, bukti transaksi terlebih dahulu dianalisis, Hasil analisis itulah yang dicatat pada jurnal.
d. Fungsi Instruktif
Jurnal merupakan suatu perintah atau instruksi. Akun harus diisi sesuai dengan apa yang tercatat pada jurnal. Jika instruksi jurnal tidak diikuti, maka penfisian akun akan salah.
e. Fungsi Informatif
Jurnal menyajikan tanggal, nama akun, keterangan singkat menfenai transaksi dan jumlah uang yang terlibat dalam suatu transaksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar